Home NewsDaerah Nasional Dunia Sekitar Satu Miliyar Warga China Pegang Kartu Jaminan Sosial Digital

Sekitar Satu Miliyar Warga China Pegang Kartu Jaminan Sosial Digital

by JiulongPostCom
0 comment

Beijing | Tiongkok | JiulongPost.Com | JSCgroupmedia ~ Sebanyak satu miliyar warga China miliki dan menggunakan kartu jaminan sosial digital. Jumlah tersebut merupakan data yang dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial. 

Dilansir dari 中国经济网 (17/06/24), saat ini, kartu digital ini menawarkan akses ke 100 layanan nasional, dan tercatat lebih dari 50 miliar layanan serupa diakses di Tiongkok, kata kementerian tersebut.

Kartu jaminan sosial terbagi menjadi kartu fisik dan kartu digital.  Pada akhir Maret 2024, jumlah pemegang kartu fisik telah mencapai 1,38 miliar di Tiongkok, mencakup 98 persen populasi.  Banyak orang memegang kartu jaminan sosial fisik dan digital.

China sedang mempromosikan pembuatan kartu “all-in-one” bagi warga negaranya, dan berjanji bahwa pengamanan akses terhadap layanan jaminan sosial yang tersedia bagi masyarakat di seluruh Tiongkok dengan menggunakan kartu “all-in-one”, akan tercapai pada tahun 2027  .

Pada langkah selanjutnya, Tiongkok akan mempercepat upaya yang relevan bagi pemegang kartu agar dapat mengakses layanan komprehensif di berbagai departemen dan wilayah, kata kementerian tersebut.

Hal ini juga akan memperluas cakupan penerapan kartu jaminan sosial di bidang perawatan medis, pembelian obat, transportasi dan pengalaman budaya.

95% Penduduk China Memiliki Kartu Jaminan Sosial

Pada akhir 2020 lalu, 1,34 miliar orang memiliki kartu jaminan sosial di China, mencakup 95 persen populasi, menurut Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial.

China telah membangun sistem jaminan sosial terbesar di dunia dalam periode Rencana Lima Tahun ke-13 (2016-2020), menurut komunike sidang paripurna kelima Komite Sentral Partai Komunis China ke-19 yang dirilis pada Oktober 2020. Dilansir dari China Daily pada (26/01/2021) lalu.

Asuransi kesehatan dasar negara itu telah mencakup lebih dari 1,3 miliar orang, dan asuransi hari tua dasar telah mencakup hampir 1 miliar orang, menurut komunike tersebut. 

See also  Program SIPLah Mendorong UMKM Meningkatkan Kualitas Usaha

Jaminan Sosial di China terdiri dari 5 skema asuransi wajib (dana pensiun, asuransi kesehatan, asuransi cedera industri, asuransi pengangguran, dan asuransi persalinan) + dana perumahan (hanya berlaku untuk karyawan China). | JiulongPost | Bolong | *** |

You may also like

Leave a Comment

About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, consect etur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis..

Feature Posts

Newsletter

Subscribe my Newsletter for new blog posts, tips & new photos. Let's stay updated!